Man Jadda Wa Jadda

KIAT MENDAPATKAN IPK (NILAI KULIAH) TINGGI....... (yang pengen mendapatkan nilai kuliah bagus dan membanggakan Ortu, WAJIB BACA NIE......)


Tulisan ini hanya bersifat share aja sob, ga ada maksud apapun. So stay positive thinking . Dolo pas awal masuk ke dunia kampus, memang sempat terlintas cara-cara gimana sie kita bisa dapet IPK bagus alias tinggi (bagi yang belum tau IPK, coba deh tanya ama kakak tinggat or dosen loe or mbah wiki or om google or tetangga loe deh or tukang bakso kek or penjual es kek, pokoke tanya siapapun yg tau jawabannya) Jadi begini sob, secara prinsip cara belajar di kampus ama di sekolah itu laen men. Jangan disamakan. Belajar di kampus memerlukan kemandirian karena dosen bersifat pasif dan mahasiswa yang bersifat aktif. Hal ini kan berbeda ama pas kita di skull. beTul ga ??? So bagaimana kiat-kiat nya ?? 1. Pas Kuliahnya Sob Agar dapat memahami dan mengikuti kuliah dari para dosen kita tercinta (ceeeeiiileee......), biasain sebelum berangkat ke kampus persiapkan diri sob dengan membaca terlebih dahulu materi kuliah. Eitts....jangan lupa jurus yang satu ini sob, dekatilah kakak tingkat loe. Tanyain mereka seputar kegiatan perkuliahan, gimana dosennya ?? (maksudnya killer apa ga tuh dosen). Kalo perlu sampe kebiasaan-kebiasaan dosennya sob (maksudnya tuh kalo pas kuliah gimana, trus kalo quis tuh soalnya gimana). Dan yang paling penting sob, minta soal-soal ke kakak tingkat. Kale aja soalnya keluar pas ujian sob, kan rejeki nomplok tuh Jangan datang terlambat sob pas kuliah, kebiasaan sangat buruk nie sob. (Tapi kalo memang kepepet dan terpaksa, ga pa2 sob....namanya juga kepepet). Karena kalo telat, ntar ga bisa ngikutin materi kuliah dari awal. Satu lagi nie sob, kalo memang dosen loe emang suka ngaret.....ga pa2 deh loe ngaret juga. Kan kalo guru kencing berdiri, murid kencingnya berlari sob (emang bisa ?? kencing sambil lari.....) Setelah masuk ke dalam kelas, cari tempat duduk yang uueeeeenak sob (kalo ane sie biasanya di bawah kipas angin, maklum sob....panas banget kalo di dalam kelas. hehehehehehe.....). Posisi tempat duduk nie sangat mempengaruhi loe dalam menyimak materi kuliah. Kalo kata temen ane nie sob, tempat duduk yang paling strategis ya ada di depan sendiri. Banyak keuntungannya tuh sob. loe pasti melihat dengan jelas tulisan dosen (nie bagi dosen yang tulisannya kecil-kecil...hehehehehehe....). Trus, dosen pasti mengenali wajah loe deh (poin plus tuh...). Soalnya kalo dosen pas lagi butuh spidol ato penghapus, pasti deh loe yang pertama dipanggil..... wkwkwkwkwkwkw. just kidding sob....yang jelas posisi duduk di depan menguntungkan banget deh sob. Kalo ga percaya, coba aja..... Kalo udah duduk di depan, coba deh aktif selalu di setiap perkuliahan sob 2. Belajar di Rumah Sesibuk apapun loe... entah loe kerja, aktif di organisasi, maen PB, nongkrong, mbantu emak, dll deh...jangan lupain buat belajar di rumah. Sempatkan aja walau cuman 1-2 jam setiap harinya. Buatlah belajar di rumah senyaman dan seenak mungkin sehingga loe betah. Cobalah bikin kelompok belajar ato gabung ama komunitas belajar. Tapi kalo udah terbentuk kelompok belajar, jangan hanya asal nebeng aja sob, kalo ada tugas tinggal copy paste (soalnya masih enakan kopi susu. hehehehehe) 3. Manfaatin tuh Perpustakaan Bagi orang-orang yang kere kayak ane nie....yang tiap berangkat ngampus pake sepeda butut, perpustakaan merupakan tongkrongan wajib. Kalo mau beli buku ga ada duit sob. Minta emak juga sungkan, masak udah gede minta melulu. Mana belum gawe lagi, dapet duit darimana buat beli buku. Padahal buku merupakan salah satu alat kita dalam belajar dan menambah wawasan. 4. Kejar Nilai-nya sob Kejar nilai untuk mata pelajaran atau mata kuliah yang secara umum tidak terlalu loe senangi sob. Apa itu? Oh banyak sob, misalnya nie geografi, agama, kesenian, dsb atau untuk yang kuliah di jurusan computing, ada fisika dasar, teknik kompilasi, automaton/formal language, dsb. Lakukan survey kecil-kecilan ke temen seangkatan atau kakak angkatan, ane yakin banyak sekali mata kuliah yang tidak digemari mahasiswa. Intinya di mata kuliah yang diemohi mahasiswa itu, mereka biasanya down nilainya. Nah ini dia kesempatan kita, di saat nilai mereka “pasti rendah”, kita berjuang untuk nilai “pasti tinggi” … hehehe. Nah hasil dari tahap ini yaitu kalau ada IPK khusus untuk “mata kuliah tidak populer” kita pasti nomor satu Sudah mantab dengan langkah diatas? Langkah selanjutnya adalah jangan berhenti, lanjutkan mengejar nilai untuk mata pelajaran atau mata kuliah yang secara umum kamu senangi … hehehe. Belajar keras, kerjakan semua tugas, kalau perlu kejar terus dosen kalau ada yang masih nggak ngerti di mata kuliah “populer” itu. Kalaupun kita tidak bisa mendapatkan nilai sempurna alias sedang-sedang saja ya nggak apa-apa, asal sudah berusaha. Yang pasti karena IPK adalah nilai kumulatif dari mata kuliah “tidak populer” dan “populer”, total nilai kita akan tetap tinggi tho. Lha kan kita sudah jadi the first rank untuk mata kuliah “tidak populer” … hihihi. 5. Jangan Lupa Berdo’a, Sholat Malam, Puasa Sunnah, Sedekah, dll Yang satu ini jangan dilupakan sob. Setelah kita berikhtiar dengan segenap tenaga dan sekeras baja, tinggal kita berdo’a. Tambahin juga sholat malam sob. Puasa sunnahnya coba dijalanin sob. Jangan lupa juga bersedekah, kalo punya rezeki. Akhir semester silakan dilihat nilai IPK atau raportnya, ane yakin nilai loe akan meningkat. Kalau masih belum naik, lanjutkan tahap 1 dan 2 di semester berikutnya. Kalaupun sampai akhir kuliah tidak naik-naik juga, ya apa boleh buat, memang level kekuatan loe seperti itu sob. Mungkin loe kurang berdoa, kurang sholat malam atau kurang puasa senin-kamis, kurang sedekah, sehingga ridha dan “lucky” dari yang Allah SWT tidak menyertai anda. Tapi jangan khawatir, IPK bukan segalanya sob, masih banyak cara lain dan perlu juga dicatat banyak orang sukses yang IPKnya hancur kok. Untuk yang sudah ber-IPK bagus, jangan cepat puas apalagi sombong dan takabur, karena faktor-faktor itulah yang membuat orang seperti loe tidak sukses ketika masuk ke dunia kerja. Wallahu ‘allam (samubay)

2 komentar:

Cinta Damai mengatakan...

mantap mas hehehe, saya suka penjelasanmu,
inspiratif, menarik, dan muda bangetttt hehehe
anda domisili sob?

johan de la rey mengatakan...

thnkx ya atas postingannya, keren juga tuh

 

Chat

My Twitter

Terima Kasih Udah Berkunjung

Site Meter

BUKU TAMU

Search

Google Yahoo Msn

Follow by Email